Refleksi Akhir Semester Ganjil 2024/2025
Siswa SMP Insan Cendekia Mandiri Merefleksikan Hasil Belajar dan Latihan Karakter Selama Satu Semester

By SMP Insan Cendekia Mandiri 02 Des 2024, 09:15:28 WIB Kegiatan
Refleksi Akhir Semester Ganjil 2024/2025

Gambar : Kegiatan Refleksi Akhir Semester


Pada akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025, siswa SMP Insan Cendekia Mandiri (ICM) Sidoarjo melaksanakan kegiatan refleksi untuk mengevaluasi hasil belajar dan latihan karakter yang telah mereka jalani selama satu semester. Kegiatan refleksi ini merupakan bagian penting dari proses pembelajaran yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman, meningkatkan kualitas diri, serta mendorong perkembangan karakter siswa di berbagai aspek kehidupan.

Selain fokus pada hasil akademik, kegiatan refleksi juga memberi perhatian pada pengembangan karakter siswa. SMP ICM selalu menekankan pentingnya pendidikan karakter yang berlandaskan nilai-nilai kejujuran, pikiran positif, kedisiplinan, kepedulian, kesantunan serta kemandirian dan kerja sama. Siswa diajak untuk mengevaluasi seberapa baik mereka telah menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di ma’had SMP Insan Cendekia Mandiri.

Dalam sesi ini, siswa diajak untuk merenungkan latihan karakter yang mereka lakukan, seperti kedisiplinan dalam mengerjakan shalat di masjid, sikap santun terhadap orang yang lebih tua, serta sikap kepedulian terhadap sesama. Mereka juga diajak untuk menilai perkembangan diri mereka selama satu semester yang telah berjalan. Dengan refleksi ini, siswa diharapkan dapat lebih sadar akan kekuatan dan potensi diri mereka dalam pengembangan karakter.

Menyusun Rencana Tindak Lanjut

Setelah melakukan refleksi, siswa juga diminta untuk menyusun rencana tindak lanjut yang akan membantu mereka memperbaiki dan meningkatkan diri di semester berikutnya. Rencana ini mencakup langkah-langkah konkret yang akan diambil untuk memperbaiki hasil belajar yang kurang optimal, serta cara untuk terus melatih dan memperkuat karakter mereka. Para siswa diberi kebebasan untuk memilih aspek yang ingin mereka perbaiki, baik itu dalam hal akademik maupun dalam pengembangan diri.

Rencana tindak lanjut ini juga disusun dengan dukungan para guru dan musyrif ma’had. Kolaborasi antara siswa, guru, dan musyrif ma’had sebagai pendamping atau pengganti orangtua siswa di assrama sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung proses refleksi dan perkembangan diri siswa. Dengan adanya dukungan yang sinergis, para siswa diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan di semester depan dengan sikap yang lebih baik, pemahaman yang lebih mendalam, dan karakter yang lebih matang.

Kesimpulan

Kegiatan refleksi akhir semester di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo memberikan kesempatan bagi siswa untuk melihat kembali perjalanan mereka selama satu semester. Tidak hanya fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter yang sangat penting dalam membentuk pribadi yang utuh. Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa dapat terus berproses menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kuat dalam karakter, siap menghadapi tantangan, dan menjadi pemimpin di masa depan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment